7 Tanda Hubungan Yang Tidak Baik Antara Ibu Dan Anak

7 Tanda Hubungan Yang Tidak Baik Antara Ibu Dan Anak

Hubungan Yang Tidak Baik Antara Ibu Dan Anak

Iac Studio – Hubungan ibu dan anak biasanya terjalin dengan harmonis dan dekat secara emosional. Hingga anak dewasa peran ibu tidak akan habis dan selesai dalam kehidupannya. Tetapi terkadang karena faktor-faktor tertentu yang terjadi sehingga membuat hubungan ibu dan anak menjadi kurang baik dan harmonis.

Terlebih ketika si anak sudah mulai dewasa dan merasa sudah memiliki kehidupannya sendiri. Jika hal seperti ini terjadi tentunya akan sangat mengganggu hubungan dengan anggota keluarga lainnya seperti ayah dan saudara kandung.

Hal yang normal dan wajar jika terkadang ada perselisihan pendapat diantara orang tua dalam hal ini ibu dan anak. Tetapi tentunya hal tersebut tidak serta merta menyebabkan renggangnya hubungan antara ibu dan anaknya. Jika Anda merasakan beberapa hal dibawah ini mungkin hubungan dengan ibu mulai memburuk dan sebaiknya segera diperbaiki.

Apa sajakah pertanda bahwa hubungan ibu dan anak mulai renggang? Berikut adalah ciri-cirinya.

Ibu Mulai Meminta Terlalu Banyak Waktu Dan Perhatian Dari Anak

Waktu berlalu begitu cepat sehingga tanpa kita sadari anak-anak mulai beranjak besar dan memiliki kehidupan serta kegiatan sendiri. Ada beberapa ibu yang tidak siap kalau anaknya beranjak dewasa sehingga tanpa disadari mulai mengekang anaknya untuk selalu bersamanya.

Anak-anak tidak dibiarkan bersosialisasi dengan teman sebayanya karena si ibu selalu minta ditemani. Ibu yang terus-terusan menganggap anaknya adalah anak kecil lucu yang hanya miliknya akan membuat si anak menjadi tidak nyaman dan tidak senang berada dekat dengan ibunya.

Ibu Selalu Membuat Anak Merasa Bersalah

Ada beberapa tipe ibu yang selalu membuat anaknya merasa bersalah atas segala kesedihan yang dirasakan oleh ibunya. Ibu semacam ini memang secara tidak langsung ingin mengikat emosi anaknya agar selalu merasa bertanggungjawab atas semua yang dialami si ibu.

Tentunya ini akan menjadi hal yang tidak baik jika terjadi secara terus menerus karena akan mempengaruhi perkembangan Sebuah Keluarga dalam Perkembangan psikologis anaknya.

Anak Suka Berbohong Agar Si Ibu Tidak Kecewa

Seringkali karena orang tua atau ibu memberikan harapan yang terlalu tinggi kepada anaknya dan si anak tidak mampu memenuhinya akan membuat anak merasa sedih dan kecewa. Bisa juga si anak yang memang tidak serius menjalani apa yang menjadi harapan ibunya tersebut.

Tetapi karena tidak ingin membuat ibunya kecewa maka si anak selalu berbohong agar si ibu merasa si anak sudah menjadi seperti harapannya. Ingat, satu kebohongan akan selalu membutuhkan kebohongan yang lainnya dan ini adalah indikasi yang tidak baik.

Anak Menggantungkan Finansial Kepada Orang Tua/ Ibunya

Saat masih usia sekolah adalah hal yang wajar jika kebutuhan keuangan kita ditanggung oleh orang tua. Tetapi saat kita sudah beranjak dewasa sudah saatnya kita bisa membiayai kebutuhan sendiri.

Saat kita seharusnya mampu membiayai diri sendiri tapi masih saja meminta uang kepada orang tua terutama ibu maka artinya secara tidak langsung kita sedang menggantungkan semua keputusan hidup kepada ibu sehingga jangan kaget kalau ibu selalu ikut campur dalam urusan kita.

Anak Selalu Menyerahkan Tanggungjawab Kepada Ibunya

Meskipun sudah dewasa tetapi anak masih menggantungkan semua hal yang seharusnya bisa dikerjakan sendiri kepada ibunya. Hal yang paling sederhana adalah misalnya meminta ibu untuk mencucikan baju kita maka jangan heran kalau ibu juga akan selalu mengatur kehidupan kita terlepas kita suka atau tidak.

Ibu Suka Membuka Privasi Anak

Anak akan merasa tidak senang dan tidak nyaman dengan tipe ibu yang suka ingin tahu privasi kita seperti memeriksa pesan SMS atau juga email pribadi kita.

Ibu Seperti Mengajak Anak Untuk Bersaing

Beberapa ibu seringkali justru menjadikan anak perempuannya sebagai rival terutama dalam mendapatkan perhatian sang ayah. Ini tentunya bukan hal yang baik dalam hubungan ibu dan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *